Selasa, 28 Mei 2013

Sekilas Tentang Informatika

Dunia global sekarang telah dikuasai oleh sesuatu yang dinamakan informatika. Banyak orang-orang mengatakan bahwa sekarang ini adalah zamannya Teknologi dan Informatika. Akan tetapi, belum tentu bahwa mereka yang mengatakan statement tersebut mengenal dan mengetahui apakah informatika itu yang sebenarnya. nah…sekarang saya akan mengulas sedikit tentang informatika tersebut  karena secara kan saya mahasiswa jurusan informatika di IT-TELKOM.
Dari segi pengertian, Informatika (Inggris: Informatics) mencakup struktur, sifat, dan interaksi dari beberapa sistem yang dipakai untuk mengumpulkan data, memproses dan menyimpan hasil pemrosesan data, serta menampilkannya dalam bentuk informasi yang berguna.
Informatika ini tidak sesuatu yang tunggal, melainkan suatu kesatuan yang terdiri dari banyak aspek. Aspek-aspek ini seperti : ilmu komputer, ilmu informasi, sistem informasi, teknik komputer dan aplikasi informasi dalam sistem informasi manajemen. Sebenarnya informatika jauh lebih luas dari yang namanya komputer seperti yang kita ketahui. Masih banyak sesuatu yang dalam arti luas tergolong sebagai informatika.
Informatika adalah sesuatu yang flexibel karena mempunyai konsep dasar dan teori yang mudah disesuaikan dengan perkembangan global, sehingga setiap aplikasi-aplikasi dari informatika ini mempunyai perkembangan tersendiri.
Penggunaan informasi dalam beberapa macam bidang, seperti bioinformatika, informatika medis, dan informasi yang mendukung ilmu perpustakaan, merupakan beberapa contoh yang lain dari bidang informatika.
Aspek-aspek yang terlingkup dalam informatika itu sendiri :
* Teori informasi yang mempelajari konsep matematis dari suatu informasi
* Ilmu informasi yang mempelajari tentang cara pengumpulan, klasifikasi, manipulasi penyimpanan, pengaksesan, dan penyebarluasan informasi untuk keperluan sosial dan kemasyarakatan secara menyeluruh
* Ilmu komputer dan teknik komputer yang mempelajari tentang pemrosesan, pengarsipan, dan penyebaran informasi dengan menggunakan teknologi informasi dan alat lain yang berbasis komputer.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar